Oleh Ludger S

Peibenga News, 13 Agustus 2018. Slogan singkat sebagai motivasi perubahan tampilan yang berdampak pada perubahan pelayanan yang optimal kepada masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Peibenga jadi terbiasa dalam keseharian pimpinan dan staf Puskesmas Peibenga. Sejalan dengan Misi Puskesmas Peibenga, “Kehadiranku Untuk Melayanimu”.

Kita pasti bisa, juga menjadi spirit pengabdian akan pelayanan kesehatan di daerah terpencil seperti wilayah kerja Puskesmas Peibenga. Spirit akan keadilan pelayanan khususnya bidang kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan. Bahwa masyarakat harus dilayani seoptimal mungkin sesuai dengan Standar Operasional Pelayanan.

Banyak kendala yang dihadapi tidak menyurutkan pelayanan kepada masyarakat. Masalah akses antar desa, akses dari desa ke pusat kota kecamatan, keadaan topografi umumnya yang terletak diantara pegunungan menjadi ciri khas tersendiri.

Hari ini masyarakat bahu membahu membantu menata areal parkir puskesmas. Antusias masyarakat khususnya para pemuda yang kerja bakti memindahkan tumpukan material bangunan, pengecatan gedung, pembersihan kompleks puskesmas yang cukup luas, pembersihan jalan masuk puskesmas, seakan mengutarakan, “kami membutuhkan fasilitas kesehatan memadai untum melayani masyarakat sekitarnya”.

Mereka bekerja tanpa menuntut imbalan, itu luar biasa.

Keterlibatan para pemuda dalam rangka persiapan pra kareditasi puskesmas Peibenga yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2018. Secara terbuka mereka sangat mengharapakan Puskesmas kebangaan mereka menjadi yang terbaik dan lulus dalam proses akreditasi.

Sebagai tuan rumah, pimpinan dan staf puskesmas dengan latar belakang profesi yang tersedia juga bekerja untuk perubahan tampilan puskesmasnya. Yang ibu-ibu membersihkan komplek puskesmas baik dalam dan luar gedung, menanam bunga serta menata taman. Yang bapak-bapak menanam pagar keliling komplek, membersihkan tumbuhan liar diseputaran komplek puskesmas, pengecatan gedung, menata pagar taman dan pekerjaan lainnya.

Proaktif lintas sektor juga sangat maximal. Camat Lepembusu Kelisoke, Fransiskus Sio, S.iP selalu luangkan waktu untuk mengunjungi puskesmas, memberikan spirit kepada semua yang bekerja untuk selalu semangat untuk sebuah perubahan kearah yang lebih baik.

Semoga puskesmas Peibenga dapat mewujudkan impiannya akan perubahan pelayanan kearah yang lebih baik, dengan lulus dalam proses akreditasi puskesmas tahun 2018. Amin